Memilih Dokter Mata yang Tepat Sesuai Kondisi Anda

Memilih Dokter Mata yang Tepat Sesuai Kondisi Anda


Memilih Dokter Mata yang Tepat Sesuai Kondisi Anda

Memilih Dokter Mata yang Tepat - Memeriksakan kesehatan mata tidak saja perlu dilaksanakan oleh mereka yang merasakan masalah penglihatan. Orang dengan mata sehat pun dianjurkan untuk memeriksa indra penglihatan ke dokter mata secara berkala.

Bagi kita yang belum mempunyai masalah penglihatan, memeriksakan diri ke dokter mata adalahsalah satu tahapan pencegahan yang pantas dilakukan. Hal ini bertujuan guna mendeteksi masalah mata sebelum fenomena muncul. Di samping itu, Anda pun dapat memahami masalah kesehatan beda yang bisa dominan  pada mata, contohnya diabetes.

Sebaiknya Periksa Mata ke Siapa?

Jika Anda merasakan masalah dengan penglihatan, segeralah periksakan ke dokter mata atau berpengalaman kesehatan mata, cocok masalah penglihatan Anda. Di bawah ini ialah panduan tentang para berpengalaman kesehatan mata.

    Optalmologis (dokter spesialis mata)
    Dokter spesialis mata atau optalmologis adalahdokter spesialis yang mengutamakan diri dalam perawatan mata, bedah mata, dan sistem penglihatan. Mereka mempunyai kualifikasi dan kompetensi untuk mengerjakan pemeriksaan, mendiagnosis, menyerahkan pengobatan, terapi, atau operasi, serta penatalaksanaan komplikasi penyakit yang bersangkutan dengan mata. Dokter mata bisa mendiagnosis dan mengobati penyakit mata laksana glaukoma, konjungtivitis, gangguan kornea, katarak, retinopati diabetik, gangguan penglihatan laksana rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme. Tak melulu itu, dokter spesialis mata juga dapat memberikan saran berhubungan pencegahan cedera dan penyakit pada mata. Dengan kata lain, optamologis dapat menyerahkan semua jenis pelayanan yang bersangkutan dengan mata secara keseluruhan, mulai dari pencegahan sampai penanganan.


    Optometris (ahli mata)
    Memilih Dokter Mata yang Tepat - Tipe kedua dari berpengalaman kesehatan mata ialah optometris atau lebih dikenal dengan sebutan berpengalaman mata. Di Indonesia, berpengalaman mata adalahlulusan diploma jurusan refraksi optisi. Tugas pokok seorang optometris ialah memeriksa ketajaman penglihatan pasiennya secara teratur. Di samping itu, mereka juga dapat memberikan resep alat tolong penglihatan simpel (kacamata, lensa kontak) dan pendidikan untuk mengawal kesehatan mata dan penglihatan. Mereka juga mempunyai kewenangan guna merujuk pasien ke dokter spesialis mata andai dicurigai menderita penyakit mata serius.


    Optician (ahli kacamata)
    Tenaga kesehatan mata beda yang tidak berlisensi dokter ialah ahli kacamata (optician). Mereka biasanya berkolaborasi dengan berpengalaman mata dan dokter spesialis mata. Keberadaan mereka sangat urgen guna menyerahkan layanan alat tolong penglihatan yang cocok dengan keperluan pasien. Tak melulu itu, para berpengalaman kacamata ini pun  bertanggung jawab terhadap pemesanan dan pemeriksaan  alat tolong penglihatan (kacamata dan lensa kontak).

Tips Memilih Dokter Mata

Beberapa urusan yang butuh Anda simaklah sebelum berangjangsana ke dokter mata, yaitu:

    Pilihlah dokter mata yang berpengalaman
    Sebelum bertemu dokter mata, usahakan cari tahu terlebih dahulu empiris dari dokter tersebut. Anda dapat mencari informasi tentang riwayat empiris di situs resmi kedokteran, laksana Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).


    Pilih dokter mata yang telah tersertifikasi
    Guna mencegah permasalahan malapraktik, pastikan dokter mata yang bakal Anda pilih telah tersertifikasi oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami).


    Mintalah rekomendasi dokter mata dari dokter umum
    Bila Anda kendala dalam menggali dokter mata yang tepat, tidak boleh sungkan guna meminta rekomendasi dokter mata dari teman, keluarga, atau dokter umum keyakinan Anda.


    Pilihlah dokter yang dapat menciptakan Anda nyaman
    Di samping mempunyai kompetensi dan keterampilan klinis yang handal, pastikan pun untuk memilih dokter mata yang bisa berkomunikasi dengan baik serta menyerahkan penjelasan yang gampang Anda terima. Hal ini penting supaya Anda merasa nyaman sekitar berkonsultasi dan menjalani penyembuhan mata.

Perlu diingat, ketika Anda berkeinginan menemui dokter mata, dianjurkan untuk menyesuaikan dahulu situasi yang diderita dengan kemahiran dokter mata atau berpengalaman mata. Hal ini supaya pengobatan atau perawatan yang diserahkan dapat cocok dengan situasi mata Anda.
Share This :